Selasa, 04 Desember 2012

KESENIAN


                                                                KLIPING KESENIAN                                       

           



Nama Kelompok :
1.     Ananda Rigo Dwilaga
2.    M. Nur Amin
3.    M. Ibnu Hasan
4.    Setiyo Abadi






Macam Macam Tarian Indonesia


1.         TARI TOPENG

 Asal Daerah    : Cirebon
 Alat Bantu      Topeng

http://plapon.com/wp-content/uploads/2012/10/Tari-topeng-kuncaran.jpg


            Tari Topeng Cirebon kesenian ini merupakan kesenianasli daerah Cirebon, termasuk Indramayu dan Jatibarang. Tari topeng Cirebon adalah salah satu tarian di tatar Parahyangan. Disebut tari topeng , karena penarinya menggunakan topeng di saat menari. Tari topeng ini sendiri banyak sekali ragamnya, dan mengalami perkembangandalam hal gerakan, maupun cerita yang ingin disampaikan.Terkadang tari topeng dimainkan oleh saru penari tariansolo, atau bisa juga dimainkan oleh beberapa orang. Salah satu jenis lainnya dari tari topeng ini adalah taritopeng kelana kencana wungu merupakan rangkaian Tari topeng gaya Parahyangan yang menceritakan ratu Kencanawungu yang dikejar-kejar oleh prabu Minakjingga yangtergila-tergila padanya. Pada dasarnya masing-masingtopeng yang mewakili masing-masing karakter menggambarkan perwatakan manusia. Kencana Wungu,dengan topeng warna biru, mewakili karakter yang lincahnamun anggun. Minakjingga (disebut juga kelana), dengantopeng warna merah mewakili karakter yang berangasan, tempramental dan tidak sabaran. Tariini karya Nugraha Soeradiredja.Gerakan tangan dan tubuh yang gemulai, serta iringan musik yang didominasi oleh kendang danrebab, merupakan ciri khas lain dari tari topeng.Kesenian Tari Topeng ini masih eksis dipelajari di sanggar-sanggar tari yang ada, dan masihsering dipentaskan pada acara-acara resmi daerah, ataupun pada momen tradisional daerahlainnya.Salah satu maestro tari topeng adalah Mimi Rasinah, yang aktif menari dan mengajarkankesenian Tari Topeng di sanggar Tari Topeng Mimi Rasinah yang terletak di desa Pekandangan,Indramayu. Sejak tahun 2006 Mimi Rasinah menderita lumpuh, namun ia masih tetap bersemangat untuk berpentas, menari dan mengajarkan tari topeng hingga akhir hayatnya, MimiRasinah wafat pada bulan Agustus 2010 pada usia 80 tahun.
               


2.            TARI MERAK
Asal Daerah        : Pasundan, Jawa Barat.
Alat Bantu            : costum yang penuh warna dan selendang
http://2.bp.blogspot.com/-R9w0XQf_YBo/Ta2nuejDgJI/AAAAAAAAAAU/XiNkNjMn96Y/s1600/tari+merak.jpg
Tari Merak merupakan tarian kreasi baru daridaerah Pasundan, Jawa Barat. Tarian inidiciptakan oleh Raden Tjetjep Somantri,seorang koreografer tari Sunda pada tahun1950-an. Pada tahun 1965, tarian ini kembalidiperkenalkan dengan kreasi gerak baru olehIrawati Urban, seorang wanita pecinta seni tariyang berasal dari daerah Bandung, JawaBarat. Di daerah Pasundan, tari Merak seringkali dimainkan ketika menyambutkedatangan tamu kehormatan dalam sebuahacara. Dalam sebuah pesta pernikahan adatSunda, Tari Merak seringkali menjadi tarimenyambut kehadiran pengantin lelaki yang hendak berjalan menuju pelaminan.Dalam sebuah pertunjukan, tari Merak umumnya dimainkan oleh seorang atau beberapa orang penari wanita. Ketika pertunjukan, mereka mengenakan kostum yang penuh warna, sepertimerah, kuning, serta hijau. Konon, warna itu menggambarkan pesona warna dari burung merak.Untuk menambah kesan menarik, mereka juga mengenakan selendang yang warnanya senadadengan kostum penari. Selendang itu terikat pada pinggang penari Merak. Ketika dibentangkan,selendang itu tampak seperti sepasang sayap dari seekor burung Merak. Tak pernah terlewatkan, penari Merak juga menggunakan mahkota yang berhiaskan replika kepala burung merak.Dengan diiringi seperangkat alat musik gamelan Sunda, pertunjukan tari Merak dimulai.Gerakan lemah gemulai dari sang penari Merak menjadi ciri khas tersendiri dari pertunjukan tariMerak. Sesekali, mereka menampilkan gerakan layaknya seekor burung yang sedang melompat.Gerakan tari Merak semakin terkesan mempesona ketika penari Merak menari sambilmembentang sepasang sayap yang penuh warna.Dari awal hingga pertunjukan itu usai, penari Merak memainkan gerak yang menggambarkankeanggunan, keindahan serta kelincahan seekor burung Merak. Menurut ceritanya, keseluruhangerak dalam pertunjukan tari Merak ini menggambarkan seekor merak jantan yang berusahamenarik hati sang merak betina.


3.         TARI PIRING
Asal Daerah    : Minangkabau Sumatera Barat
Alat Bantu       : membawa piring dab lilib yang du nyalakan
http://1.bp.blogspot.com/_16ISq3UM80Q/TLB-yAdNvtI/AAAAAAAAAB8/1Z1Ems_5SXQ/s1600/74.jpg
Tari piring atau dalam bahasa Minangkabaudisebut dengan Tari Piriang, adalah salah satu jenisSeni Tari yang berasal dari Sumatra Barat yaitumasyarakat Minangkabau disebut dengan tari piring karena para penari saat menari membawa piring.Pada awalnya dulu kala tari piring diciptakanuntuk memberi persembahan kepada para dewaketika memasuki masa panen, tapi setelahdatangnya agama islam di Minangkabau tari piringtidak lagi untuk persembahan para dewa tapiditujukan bagi majlis-majlis keramaian yangdihadiri oleh para raja atau para pembesar negeri, tari piring juga dipakai dalam acara keramaianlain misalnya seperti pada acara pesta perkawinan.Mengenai waktu kemunculan pertama kali tari piring ini belum diketahui pasti, tapi dipercaya bahwa tari piring telah ada di kepulaian melayu sejak lebih dari 800 tahun yang lalu. Tari piring juga dipercaya telah ada di Sumatra barat dan berkembang hingga pada zaman Sri Wijaya.Setelah kemunculan Majapahit pada abad ke 16 yang menjatuhkan Sri Wijaya, telah mendorongtari piring berkembang ke negeri-negeri melayu yang lain bersamaan dengan pelarian orang-orang sri wijaya saat itu.Urutan Seni Tari PiringPada Seni tari piring dapat dilakukan dalam berbagai cara atau versi, hal itu semua tergantungdimana tempat atau kampung dimana Tarian Piring itu dilakukan. Namun tidak begitu banyak  perbedaan dari Tari Piring yang dilakukan dari satu tempat dengan tempat yang lainnya,khususnya mengenai konsep, pendekatan dan gaya persembahan. Secara keseluruhannya, untuk memahami bagaimana sebuah Tari Piring disajikan, di bawah ini merupakan urutan atau susunansebuah persembahannya.





4.         TARI PAYUNG
Asal Daerah    : Minangkabau Sumatera Barat
Alat Bantu       :Payung
http://www.antarasumbar.com/id/foto/fotoutama/180412201219_3.jpg
 Tari Payung merupakan taritradisi Minangkabau yang saatini telah banyak perubahan dandikembangkan oleh senian-seniman tari terutama diSumatra Barat. Awalnya tari inimemiliki makna tentangkegembiraan muda mudi(penciptaan) yangmemperlihatkan bagaimana perhatian seorang laki-lakiterhadap kekasihnya. Payungmenjadi icon bahwa keduanyamenuju satu tujuan yaitumembina rumah tangga yang baik. Keberagaman Tari Payungtidak membunuh tari payung yang ada sebagai alat ungkap budaya Minangkabau. Keberagamantersebut hanyalah varian dari tari-tari yang sudah ada sebelumnya. Sikap ini penting diambiluntuk kita tidak terjebak dengan penilaian bahwa varian tari yang satu menyalahi yang lainnya.Sejauh tri terseut tidak melenceng dari akar tradisinya, maka kreasi menjadi alat kreativitasseniman dalam menyikapi budaya yang sedang berkembang.Penelitian ini memakai teori perubahaan yang dikembangkan oleh Herbert Spencer. Teori perubahan akan dipakai untuk melihat perkembangan yang terjadi pada tari payung. Teori lainyang akan mendukung adalah teori akulturasi yang dikembangkan oleh Koentjaraningrat danGM. Foster. Teori ini dipakai untuk melihat budaya apa saja yang mempengaruhi perkembangantari payung dari dulu hingga sekarang. Jumlah penari dalam tari payung selau genap dan selalu berpasangan, bisa tiga atau empat pasang. Kalaupun ada gerakan lelaki berpindah pasangan, bukan berarti hatinya terbagi dua atau lebih, akan tetapi hanya wujud dari kreasi yang dimainkan.Pada hakekatnya mereka hanya satu pasang, tetapi divisualkan dalam bentuk banyak. Hal ini bisadlihat dari kostum yang dimainkan, dimana seluruh penari permpuan berpakaian sama, begitudengan penari laki-laki yang semuanya juga sama. Payung yang dimainkan juga berbentuk sama.Tari Payung sejak mulanya telah mengalami perkembangan yang sangat berarti terutama olehseniman-seniman muda Minagkabau. Perubahan tersebut dipengaruhi oleh tingkat keilmuanyang sudah beragam. Pengaruh gaya dari mana saja msuk menyentuh wilayah seni, tidak terkecuali tari payung. Melayu merupakan unsur utama dalam mempengaruhi gerak tari payung.Begitu juga dengan pola gerak barat, sedikit banyak menyentuh wilayah ini. Senian pembaharutari payung menjadikan fungsi seni tari itu bergeser dari ritual adat menjadi seni untuk profanyang perkembangannya sangat pesat.


Aliran Seni Lukis

Futurisme
Seni lukis Futurisme adalah bagaimana menangkap unsur gerak dan kecepatan dalam lukisan. Aliran Futurisme juga mendukung perkembangan tipografi sebagai unsur ekspresi dalam desain. Latar belakang dimulainya pada tahun 1909.
Gerakan pada salah satu macam jenis lukis ini terinspirasi dari kehidupan yang berubah menjadi moderen berkat teknologi mesin yang menghasilkan unsur gerak dan kecepatan sebagai unsur sangat berpengaruh bagi kehidupan manusia di abad 20.
Tokoh dalam Aliran lukis futurisme adalah Filippo Marinetti, Glacomo Balla, Ardengo Soffici dan Stephane Mallarine.
http://1.bp.blogspot.com/_Rk2gRFPVIus/R9Zmh_OZWSI/AAAAAAAAAC0/bUJcRYGB1gM/s320/the-street-light-study-of-light-by-giacomo-balla.jpg






Impresionisme
Seni lukis Impresionism(Van Gogh) adalah Sebuah gaya dari macam-macam melukis dengan menekankan pada kesan pencahayaan dan warna yang kuat, sementara bentuk tidak menjadi prioritas. Tokohnya adalah Claude Monet dan Van Gogh.. dan berikut salah satu gambar nya
http://3.bp.blogspot.com/_BpQW_wyk3vg/TEmDNEsDleI/AAAAAAAAAJ4/v5lWFd9pwJE/s320/Starry+Night+Oil+on+canvas+73.0+x+92.0+cm.+Saint+R%C3%A9my+June,+1889.jpg

Realism
Seni lukis Realism adalah Mencoba menangkap object apa adanya Tokoh Tokohnya adalah Karl Briullov, Ford Madox Brown, Jean Baptiste Siméon Chardin, Camille
http://www.fabulousmasterpieces.co.uk/userimages/cityscape-paintings.jpg
Surialism
Seni lukis Surialism adalah Sebuah lukisan realism atau naturalism namun merupakan daya khayal dan sesuatu yang kadang tidak mungkin, atau sebuah mimpi. Tokoh Tokohnya adalah Andre bretton, Giorgio de Chirico, Max Ernst, Rere Margritte, Juan Miro, Salvador Dali.
http://3.bp.blogspot.com/__zKoIh3hBv0/THEbdckKhoI/AAAAAAAAAx8/oI7ngG_F-ss/s400/the_persistence_of_memory_1931_salvador_dali.jpg
Cubisme
Seni lukis Cubism adalah Sebuah gaya melukis dengan menekankan pada bentuk2 simetri dan keluar dari aturan yang ada pada  realism dan naturalism. Tokoh Tokohnya adalah Paul Cezane, Pablo Picasso, George Braque, Metzinger, Albert Glazez, But Mochtar, Moctar Apin, Fajar Sidik dan Andre Derain, berikut gambar dari jenis aliran ini
 http://4.bp.blogspot.com/-GenWRaRZMdc/TZC0Ihmh2OI/AAAAAAAAAAg/AHHdBnchJnY/s320/lukisan-terkenal-didunia-unikboss-4.jpg
Representasional
Seni lukis Representasional Adalah Sebuah gaya melukis dengan mengekplore potret atau tubuh sendiri.Tokohnya adalah Mondrian
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/en/thumb/f/ff/Mondrian_gray_tree.jpg/220px-Mondrian_gray_tree.jpg
Naturalism
Seni lukis Naturalism adalah Menangkap object keindahan alam sekitar, termasuk seni lukis tradisional.Tokohnya adalah Soeboer Doellah,William Bliss Baker Raden Saleh,Hokusai,Affandi,Fresco Mural,Basuki Abdullah,William Hogart,Frans Hail
http://2.bp.blogspot.com/_P82IekI3N2w/S_oNjGOl5gI/AAAAAAAAANQ/AD46WYDEmq4/s400/pseudo_realism.jpg






Macam - Macam Teknik Lukis
TEKNIK BASAH
            Merupakan teknik lukis dengan cara mengencerkan cat minyak terlebih dahulu dengan menggunakan minyak cat, baru kemudian dipoleskan diatas permukaan kanvas. Dalam teknik ini menggunakan jenis kuas yang panjang bulunya. Teknik basah ini biasanya digunakan untuk melukis secara rata (flat) atau tanpa kesan volume. Kelebihan dari teknik  ini adalah: akan cepat memblok warna, lukisan terlihat bersih dan cemerlang, hanya membutuhkna cat minya yang relatif sedikit, serta cat minyak yang menempel di palet masih tetap bisa dipergunakan.


TEKNIK KERING
            Melukis dengan menggunakan teknik kering berarti melukis tanpa menggunakan minyak cat (linseed oil). Teknik ini menggunakan kuas dalam keadaan kering dan tidak berminyak. Oleh karena itu, sebaiknya menggunakan cat yang baru dikeluarkan dari dalam tube. Teknik kering ini cocok untuk melukis dengan kesan volume dan keruangan, seperti realisme, naturalisme, dan surelisme. Adapun kelebihan dari teknik kering ini adalah: mudah membentuk objek dan kesan keruangan, mudah mengontrol proses pendetailan, lebih mudah menghapus warna dengan cara menumpuk dengan warna lain, selama melukis pandangan tidak akna terganggu dengan faktor cat yang mengkilat, serta cat akan lebih cepat kering


TEKNIK CAMPURAN
            Banyak orang yang menyebut teknik campuran sebagai teknik akademis. Teknik ini merupakan kombinasi antara teknik kering dan teknik basah. Bisa dibilang teknik ini merupakan penyempurna dari kedua teknik sebelumnya. Teknik ini dilakukan dengan teknik kering dahulu (memblok warna sambil menambah intensitas minyak cat secara perlahan hingga menjelang finishing lukisan